Beranda / Business / Daftar UMP 2027 di 38 Provinsi Indonesia Jika Naik 9,5%, Lengkap!

Daftar UMP 2027 di 38 Provinsi Indonesia Jika Naik 9,5%, Lengkap!

Daftar UMP 2027

BerandaNews.com, Jakarta – Daftar UMP 2027 di 38 Provinsi Indonesia diprediksi bakal mengalami penyesuaian. Besaran kenaikan UMP 2027 di 38 Provinsi ditentukan berdasarkan formula yang ditetapkan pemerintah dengan mempertimbangan masukan dari kalangan buruh dan pengusaha.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.49/2025, formula kenaikan upah minimum wajib diumumkan pada November hingga Desember. Selanjutnya, besaran upah terbaru akan resmi berlaku mulai 1 Januari.

Kalangan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengusulkan kenaikan UMP 2027 minimal sebesar 7,5%-9,5%.

Presiden KSPI, Said Iqbal menjelaskan usulan kenaikan upah minimum tersebut dihitung berdasarkan kombinasi variabel laju inflasi, tingkat pertumbuhan ekonomi, serta kalkulasi indeks tertentu sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) No. 49/2026.

“Kenaikan upah minimum secara rata-rata nasional itu adalah 7,7%,” kata Said.

Baca Juga: Perekonomian Jakarta Naik di Triwulan Ketiga 2026, Ini Penyebabnya

Said menjelaskan batas atas kenaikan UMP 2027 hingga 9,5% itu dirumuskan untuk daerah berperekonomian tinggi. Sementara itu, batas bawah ditetapkan di angka 7,7% untuk daerah dengan pertumbuhan ekonomi yang cenderung rendah.

Pengusulan kenaikan UMP 2027 ini diharapkan dapat menjadi rujukan awal bagi Dewan Pengupahan Nasional dalam merumuskan ketetapan angka final sebelum disahkan secara resmi oleh tiap pemerintah daerah.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyatakan usulan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 7%—9% yang disampaikan kalangan buruh akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam pembahasan penetapan upah minimum 2027.

“Langkah pertama, kita tentu pembahasan dulu di LKS Tripnas, kemudian di Depenas, kita harus sepakati lagi, yang diminta oleh undang-undang kan mempertimbangkan KHL. Nah, itu kita bahas dulu di Depenas nanti,” kata Yassierli di Jakarta, Rabu (21/10/2026).

Yassierli juga menegaskan gubernur tetap memiliki kewenangan untuk menentukan besaran UMP dengan mempertimbangkan masukan dari Dewan Pengupahan Daerah.

“Kalau masalah besaran kan nanti, formulanya itu sesuai dengan semangat undang-undang yang baru, tetap gubernur yang akan menentukan, ya. Masukan dari Dewan Pengupahan Daerah,” ujarnya.

Apabila usulan kenaikan UMP minimum sebesar 9,5% disetujui, maka DKI Jakarta akan menjadi provinsi dengan besaran UMP tertinggi yakni Rp6,27 juta.

Sementara itu Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) akan menjadi daerah dengan UMP terendah yakni masing-masing Rp2,53 juta dan Rp2,54 juta, jika usulan kenaikan sebesar maksimal 9,5% disetujui pemerintah.

Daftar UMP 2027 di 38 Provinsi Jika Naik 9,5% Sesuai Usulan Buruh:


Aceh: Rp3.932.552 menjadi Rp4.306.144
Sumatra Utara: Rp3.228.949 menjadi Rp3.535.699
Sumatra Barat: Rp3.182.955 menjadi Rp3.485.336
Riau: Rp3.780.495 menjadi Rp4.139.642
Jambi: Rp3.471.497 menjadi Rp3.801.289
Sumatra Selatan: Rp3.942.963 menjadi Rp4.317.544
Bengkulu: Rp2.827.250 menjadi Rp3.095.839
Lampung: Rp3.047.734 menjadi Rp3.337.269
Kepulauan Bangka Belitung: Rp4.035.000 menjadi Rp4.418.325
Kepulauan Riau: Rp3.879.520 menjadi Rp4.248.074
DKI Jakarta: Rp5.729.876 menjadi Rp6.274.214
Jawa Barat: Rp2.317.601 menjadi Rp2.537.773
Jawa Tengah: Rp2.327.386 menjadi Rp2.548.488
DI Yogyakarta (Jogja): Rp2.417.495 menjadi Rp2.647.157
Jawa Timur: Rp2.446.880 menjadi Rp2.679.334
Banten: Rp3.100.881 menjadi Rp3.395.465
Bali: Rp3.207.459 menjadi Rp3.512.168
Nusa Tenggara Barat (NTB): Rp2.673.861 menjadi Rp2.927.878
Nusa Tenggara Timur (NTT): Rp2.455.898 menjadi Rp2.689.208
Kalimantan Barat: Rp3.054.552 menjadi Rp3.344.734
Kalimantan Tengah: Rp3.686.138 menjadi Rp4.036.321
Kalimantan Selatan: Rp3.725.000 menjadi Rp4.078.875
Kalimantan Timur: Rp3.762.431 menjadi Rp4.119.862
Kalimantan Utara: Rp3.775.243 menjadi Rp4.133.891
Sulawesi Utara: Rp4.002.630 menjadi Rp4.382.880
Sulawesi Tengah: Rp3.179.565 menjadi Rp3.481.624
Sulawesi Selatan: Rp3.921.088 menjadi Rp4.293.591
Sulawesi Tenggara: Rp3.306.496 menjadi Rp3.620.613
Gorontalo: Rp3.405.144 menjadi Rp3.728.633
Sulawesi Barat: Rp3.315.934 menjadi Rp3.630.948
Maluku: Rp3.334.490 menjadi Rp3.651.267
Maluku Utara: Rp3.510.240 menjadi Rp3.843.713
Papua Barat: Rp3.841.000 menjadi Rp4.205.895
Papua: Rp4.436.283 menjadi Rp4.857.730
Papua Tengah: Rp4.285.848 menjadi Rp4.693.004
Papua Pegunungan: Rp4.508.714 menjadi Rp4.937.042
Papua Selatan: Rp4.508.100 menjadi Rp4.936.370
Papua Barat Daya: Rp3.766.000 menjadi Rp4.123.770

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *